Kamis, 05 November 2015

SENANG KEPADA ALLAH DAN TIDAK SENANG KEPADA DIRI SENDIRI

Syech Asy-Syibli berkata:

إذا كنت تريد أن تحب الله ، ثم كسر حبك ل نفسك

"jika kamu ingin mencintai allah, maka patahkanlah kecintaanmu terhadap dirimu"

   Maksud dari pernyataan diatas adalah :jika kamu merasa senang kepada Allagh dan tidak lari darinya,maka kamu harus memutuskan kecintaanmu terhadap dirimu sendiri.
   Setelah Asy-Syibli wafat,pernah dalam suatu mimpi ditanyai tentang keadaan nasib dirinya. Beliau menjelaskan "Allah menanyaiku dengan firmannya:
"Wahai Abu bakar,mengapa aku mengampunimu?
Aku menjawab: "dengan amal shalehku?
Allah berfirman: "Bukan"
Lalu aku berkata: "dengan keikhlasan ibadahku?"
Allah berfirman: " Tidak juga"
Aku berkata: "dengan haji,puasa dan shalatku?"
Allah berfirman :" Juga bukan"
Aku berkata: " dengan kepergianku kepada orang saleh untuk mencari ilmu??"
Allah berfirman :" Tidak"
Kemudian aku ganti bertanya: " Oh,Tuhanku,lantas dengan apakah itu?"
Allah berfirman: " Ingatkah kamu di kala tengah berjalan menelusuri baghdad ,lalu kamu temukan seekor kucing yang tidak berdaya lantaran menggigil kedinginan ,kemudia karena kasihan kamu pungut ia dan kamu selamatkan di dalam kehangatan jubahmu."
Akupun menjawab: "Benar sekali Tuhanku, aku ingat!"
Allah pun berfirman: "Lantaran kasih sayangmu terhadap kucing itu akupun kasih sayang kepadamu"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar